Selamat Datang di Blog Entis Kartikasari.Makasih atas kunjungannya... tOqOh Q

Kamis, 08 April 2010

Julius Caesar

Gaius Julius Caesar
Giulio-cesare-enhanced 1-800x1450.jpg
Patung dada Julius Caesar
Lahir 13 Juli 100 SM
Subura, Roma
Meninggal 15 Maret 44 SM (usia 55)
Curia Pompey, Roma
Gelar Diktator/Konsul Republik Romawi
Masa jabatan Oktober 49 SM –
15 Maret 44 SM (sebagai diktator dan/atau konsul)
Suami/Istri Cornelia Cinna minor 84–68 SM
Pompeia 68–63 SM
Calpurnia Pisonis 59–44 SM
Anak Julia Caesaris 85/84–54 SM
Caesarion 47–30 SM
Augustus 63 SM–14 M (cucu-kemenakan, diadopsi poshumus sebagai anak Caesar pada 44 SM)
Kerabat Dinasti Julio-Claudian

Gaius Julius Caesar (Latin: C·IVLIVS·C·F·C·N·CAESAR¹) (13 Juli 100 SM15 Maret 44 SM) adalah seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang kekuasaannya terhadap Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus, melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania, dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul (Perancis kini), sebuah pencapaian yang akibat langsungnya masih terlihat hingga kini.

Julius Caesar bertarung dan memenangkan sebuah perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat dunia Romawi, dan memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi. Dia menjadi diktator seumur hidup, dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut.

Caesar meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi. Aksi pembunuhan terhadapnya pada hari Idi Maret tersebut menjadi pemicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.

Kampanye militer Julius Caesar diketahui secara mendetil melalui tulisannya sendiri Kumpulan Komentar (Commentarii), dan banyak dari kisah hidupnya yang direkam sejarawan seperti Gaius Suetonius Tranquillus, Mestrius Plutarch, dan Lucius Cassius Dio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar